Praktek Kerja Lapangan di Apotek

Untuk menunjang kegiatan perkuliahan D-3 melakukan PKL (Praktek Kerja Lapangan) selama 15 hari dari tanggal 13 Januari – 29 Januari 2020 di Apotek, Apotek yang dibuat untuk tempat PKL mahasiswa D-3 Farmasi ini yakni Apotek Baitus Syifa, Apotek Bhakti, Apotek 3 Saudara, Apotek Kusuma Farma dan Apotek Sehat Abadi.
Selama PKL mahasiswa dapat belajar langsung mengenai pekerjaan kefarmasian. Mulai perencanaan, pengadaan obat, penyimpanan obat, administrasi dan pelayanan resep di apotek. Selain pelayananan resep, mahasiswa juga belajar melayani obat bebas dan obat bebas terbatas dengan swamedikasi dengan baik dan benar. Pengalaman lain yang didapat melalui program PKL ini salah satunya dapat belajar melakukan cek darah, cek asam urat, cek kolesterol, cek berat badan, cek glukosa kepada pasien.
Tidak hanya belajar tentang obat, mahasiswa juga dapat belajar mengenai ALKES (Alat Kesehatan) beserta penggunaanya. Pembagian kerja selama PKL dibagi menjadi 2 shift yaitu Shift Pagi (Masuk Jam 08.00 – 15.00 WIB) dan Shift Malam (Masuk Jam 15.00-21.00 WIB). Selama PKL, mahasiswa tetep mendapatkan tugas dari kampus yaitu membuat laporan PKL. Program PKL ini diadakan setiap tahun pada mahasiswa semester 5, sehingga nanti ketika mahasiswa sudah lulus mereka lebih siap untuk terjun ke dunia kerja.