Farmatour Bandung (PT. Kimia Farma Plant Bandung)

Mahasiswa D-3 Farmasi melakukan kunjungan industri selama 2 hari yaitu pada tanggal 26-27 Februari 2020. Farmatour ini bertujuan untuk membekali mahasiswa Farmasi untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan ke depan yang merupakan bagian dari Soft Skill mahasiswa di bidang industri Farmasi yang sebenarnya. Industri yang dikunjungi merupakan Industri Farmasi terkemuka yang ada di kota Bandung, Jawa Barat yaitu PT Kimia Farma T k. Plant Bandung, Biofarma, Lafi AD, dan PT Mitsubisi Tanabe Pharma Indonesia. Selain berkunjung di Industri Farmasi, mahasiswa juga berwisata di sekitar kawasan Industri Farmasi yaitu wisata Floating Market, Chiampelas, dan Farm House.
Rabu, 26 Februari 2020, persiapan keberangkatan dari kampus STIKES Cendekia Utama Kudus dengan 4 Bus yang diikuti oleh 130 mahasiswa dengan 8 Dosen pendamping. Kemudian tiba di Bandung pada pukul 15.00 WIB langsung menuju tempat wisata yaitu Floating Market. Selanjutnya ke Chiampelas untuk belanja oleh-oleh dan menuju ke hotel untuk beristirahat.

Kamis, 27 Februari 2020, menuju tempat kunjungan industri yang sudah dibagi menjadi 4 kelompok dengan lokasi yang berbeda. D-3 mendapat bagian untuk berkunjung ke PT Kimia Farma Tbk. Plant Bandung. Mahasiswa diperkenalkan mengenai profil perusahaan, struktur organisasi, dan kegiatan-kegiatan produksi yang dilakukan di PT Kimia Farma Tbk. Plant Bandung. PT Kimia Farma Tbk. Plant Bandung memproduksi bahan baku kina dan turunan-turunannya, Rifampicin, obat asli Indonesia, dan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR). Selain itu, PT Kimia Farma Tbk. Plant Bandung juga memproduksi tablet sirup, serbuk, dan produk kontrasepsi Pil Keluarga Berencana yang telah menerima sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dan ISO-9002. Setelah itu, mahasiswa diajak keliling untuk melihat tempat tahap-tahap produksi dengan mendapatkan penjelasan dari karyawan PT Kimia Farma Tbk. Plant Bandung.

Dilihat dari kegiatan produksi yang dilakukan di PT Kimia Farma Tbk. Plant Bandung, kegiatan tersebut menunjang mata kuliah Teknologi Farmasi dan Good Manufacturing Practices (GMP) dimana selain mahasiswa hanya mendapatkan materi di kampus, dengan adanya kunjungan industri ini mahasiswa mampu melihat langsung bagaimana kegiatan-kegiatan produksi obat yang dilakukan di Industri Farmasi khususnya di PT Kimia Farma Tbk. Plant Bandung.